Kamis, 15 Maret 2012

Yakin yang tidak Yakin (for E-Camp batch 61)

"Yakin yang tidak Yakin"
ya, inilah mungkin yang sedang saya rasaakan akhir-akhir ini, sampai saat saya mengetik pagi ini.  Saya yakin sekali bahwa saya dapat menggapai impian-impian saya, dengan segala impian-impian kecil yang nantinya akan menuju pada visi utama saya yaitu "merubah dunia menjadi lebih baik".  impian ini butuh kerja keras, harganya sangat mahal, dan butuh komitmen dan kedisiplinan dari diri saya...
Memasuki 2012, saya kembali di ingatkan akan mimpi-mimpi masa kecil saya untuk membantu banyak orang, mampu memberikan perubahan yang positif pada dunia, dan mampu mengajak semua orang untuk melakukan hal-hal yang mampu merubah dunia menjadi lebih baik.  Banyak komunitas saya masuki, banyak buku saya lahap dengan asumsi bahwa saya dapat mempelajari trial error dari pengalaman orang.  Seminar-seminar saya ikuti, sharing dengan banyak orang saya lakoni, berbagai pemikiran saya asah, dan yang terbaru yang akan saya lakukan hari ini adalah E-Camp Batch 61 di Cipanas, Jawa Barat.  Dengan bimbingan langsung dari mas Jaya Setiabudi, saya memiliki pengharapan sepulang dari acara ini saya memiliki keyakinan yang teguh.  Bukan hanya yakin yang tidak yakin, tidak lagi membaca buku tapi mempraktekkan buku, sharing dengan lebih banyak lagi orang, dan yang paling utama adalah memilih satu jenis usaha untuk fokus sefokus-fokusnya.
Keyakinan yang saya miliki, yang saya anggap kuat, ternyata masih di imbangi dengan logika kiri bahwa saya masih memiliki kewajiban yang harus saya lakukan, yang harus saya penuhi, yang sangat terbantu saya akui melalui aktifitas bekerja saya.  Tapi kata teman seperjuangan e-camp saya hari ini yang datang dari Samarinda "Hady" kemungkinan itu berarti belum full yakin, karenanya saya memberi judul tulisan ini dengan "yakin yang tidak yakin".
Ada sesuatu yang aneh yang terjadi malahan yang datang dari luar.  Istri tercinta saya sangat yakin dan meminta saya fokus memilih dan menjalankan 1 usaha, mamih percaya bahwa saya mampu melakukannya, mamih mengingatkan untuk bekerja lebih keras lagi dalam usaha tersebut, disiplin lebih keras lagi, bahkan dengan pengertiannya luar biasa sekali istri tercintaku mengingatkan bahwa akan ada waktu yang dikorbankan, namun 1-2 tahun semua itu akan terbalas indah.  Teman dan sahabatku pun memiliki keyakinan yang beda namun sama arti, ia menyebutkan bahwa sebelum hari ini saya ibarat ulat yang sedang mengumpulkan energi, banyak istirahat, mengosongkan pikiran, mengisi hari-hari dengan ilmu dari buku-buku rekomendasi, dan memperbanyak networking.  Lalu di E-Camp saya akan menjadi sebuah kepompong, yang akan berhibernasi dan mempersiapkan sebuah metamorfosis untuk menjadi kupu-kupu, yaitu saat selesai e-camp.  Namun ia kembali mengingatkan bahwa kupu-kupu pun memiliki banyak varian, dan kembali pilihan ada di tangan saya akan menjadi kupu-kupu seperti apa, apakah akan menjadi yang indah dan besar atau yang biasa-biasa saja.  Dan aku memilih untuk menjadi yang indah dan besar.  Satu lagi yang membuat aku bersemangat adalah temanku Hady yang bilang "jangan-jangan sedikit dipoles d E-Camp saya akan menjadi langsung bagus dalam menjadi entrepreneur".  
Keyakinan-keyakinan mereka itu membuatku lebih bersemangat, yang bukan hanya melalui kata-kata tapi juga dengan Action... Mudah-mudahan E-Camp benar-benar menjadi fase metamorfosis aku untuk selalu Action and Make it Happen...
Hari ini saya kosongkan galon bukan lagi gelas, siap menerima banyak ilmu aplikasi-aplikasi yang nyata dan mudah-mudahan dapat membantu pencapaian visi utama saya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar