Rabu, 03 Oktober 2012

Cara termudah financial freedom



Sebelum mengetahui bagaimana cara termudah menggapai financial freedom atau bebas finansial, maka ada beberapa hal yang perlu kita ketahui tentang istilah-istilah dalam keuangan.

Cashflow adalah arus kas yang menunjukkan seberapa besar perputaran uang kita, dalam hal ini kita berbicara tentang berapa banyak uang yang diakui sebagai pendapatan bersih kita.
Expenses adalah pengeluaran yang terjadi dimana kita menggunakan pendapatan kita untuk membelanjakan sesuatu yang nilainya berbeda-beda, dalam hal ini berarti diakui sebagai pengeluaran kita.
Assets adalah segala sesuatu yang menghasilkan uang, meskipun kita tidak melakukan apapun, dalam hal ini diakui sebagai passive income.
Liabilities adalah segala sesuatu yang menjadi kewajiban kita, dalam hal ini kita mengeluarkan uang untuk membayar sejumlah opportunity cost yang dihasilkan saat kita memperoleh barang tersebut.

Itulah empat hal yang menjadi pembeda antara "broke people", "midclass people", & "RICH People".
Begini prinsipnya:
Broke people spending pendapatannya kepada stuff atau barang-barang yang sebenarnya tidak diperlukan atau tanpa barang tersebut maka kita masih bisa tetap hidup.  Pembelian barang ini lebih kepada emosi sesaat, seperti pembelian alat elektronik, fashion, dll (terkecuali memang dibutuhkan maka akan menjadi liabilities).  
Midclass people spending pendapatannya kepada liabilities, seperti rumah (ditempati sendiri), mobil, dll yang berhubungan dengan angsuran, artinya setiap bulan selalu membayar sejumlah nilai untuk barang-barang tersebut. Liabilities ini sering dikenal secara awam sebagai hutang.
RICH people spending pendapatannya kepada Assets atau segala sesuatu yang menghasilkan uang terutama sebagai passive income, contohnya rumah (jika di sewakan), emas (logam mulia), investasi, dll.

Ilustrasinya seperti ini, jika pendapatan sama-sama 5.000.000 setiap bulan maka:
Broke people akan menghabiskan jumlah yang sama untuk memenuhi yang disebutnya sebagai kebutuhan, sehingga tidak ada uang yang tersisa setiap bulan.
Midclass people akan menghabiskan 2.500.000 untuk memenuhi yang disebutnya sebagai kebutuhan dan 2.500.000 untuk membayar liabilities, atau pada beberapa kasus bahkan liabilitiesnya melebihi kemampuan orang tersebut untuk membayar, sehingga midclass people akan terjebak dalam permainan hamster di roda putar, bekerja mati-matian hanya untuk membayar liabilities.
RICH people akan menghabiskan 2.500.000 untuk kebutuhannya dan sisanya dibelikan assets yang memberikan penghasilan sebesar 500.000 setiap bulannya, sehingga bila setiap bulan dilakukan maka akan terjadi passive income secara eksponensial, terus bertambah asetnya.  misalkan saja dalam 3 bulan maka nilai assetsnya sudah mencapai 7.500.000 dan menghasilkan 1.500.000 setiap bulannya, dan mencapai 5 bulan maka ia bisa membeli assets ganda dengan nilai tetap.

inilah yang membedakan kenapa broke people sulit maju, midclass people terlihat kaya tapi sebenarnya liabilitiesnya besar, dan RICH people dalam waktu 10 bulan tidak perlu bekerja lagi, karena tanpa bekerja ia memiliki penghasilan yang sama seperti sewaktu bekerja.

Mungkinkah hal tersebut terjadi? sangat mungkin, berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan:
1. Buatlah angka cukup kita dalam sebulan, artinya buatlah list pengeluaran dimana hanya sesuatu yang membuat kita tidak hidup yang akan kita beli
2. Jika sudah terlanjur memiliki liabilities, maka stop menambah liabilities dan masukkan pos liabilities dalam komponen pengeluaran rutin
3. Jika masih ada sisa maka masukkan semuanya ke dalam assets, jika tidak maka carilah tambahan untuk dimasukkan ke dalam pos assets
4. Jika ingin menuai nilai assets jangka panjang maka belilah yang akan dijual kemudian hari, jika ingin mendapatkan setiap bulan belilah saham, investasi, atau properti yang bisa disewakan

Demikianlah beberapa kulitnya saja tentang bagaimana bisa mencapai financial freedom, ini bukanlah sekedar teori tapi sebuah keilmuan yang didukung oleh beberapa fakta orang lain dan pengalaman diri sendiri :) 

WELCOME to THE FINANCIAL FREEDOM FAMILY
Untuk Informasi Lebih Jelas Silahkan Follow @inongfather pin BB: 2859DA60

Tidak ada komentar:

Posting Komentar