Selasa, 22 Oktober 2013

Jangan Berusaha Mengerti Seseorang

Kadangkala kita terlalu fokus kepada mencoba berusaha mengerti seseorang.  Memang hal ini sangat baik mengingat empati adalah hal yang bisa membuat kita bisa dengan mudah dekat dengan seseorang.  Namun hal ini juga bisa menjadi bumerang ketika kita terlalu berfokus untuk mengerti seseorang. 

Semakin kita terlalu berupaya mengerti seseorang, semakin kita lupa untuk mengerti kehidupannya.  Karena sesungguhnya cara terbaik untuk mengerti seseorang adalah dengan mengerti kehidupannya.   

Mencoba berupaya mengerti seseorang hanya mempersempit perspektif kita terhadap orang tersebut, sehingga kadang orang tersebut memaknai berbeda terhadap apa yang kita lakukan.


Dengan mencoba mengerti kehidupannya, kita akan belajar untuk melihat dari sisi orang tersebut, dan membuat kita terasosiasi dengan diri orang tersebut.  Hal ini bisa membuat orang tersebut merasa dirinya dimengerti oleh kita, sehingga membuat nyaman.

Ketika kita sudah mengerti tentang kehidupannya, maka cara kita untuk mengerti seseorang akan diterima dengan baik oleh orang tersebut.  Berbeda ketika kita hanya berfokus kepada orang tersebut tanpa poeduli dengan kehidupannya.  

Karena kehidupan dan diri seseorang mengikat terlalu kuat, shingga kita tidak bisa begitu saja mencoba membuat seseorang nyaman hanya dengan mengerti dirinya.  

#LifeBlessAbundance
follow me @iyuARK9

Tidak ada komentar:

Posting Komentar