Rabu, 26 Desember 2012

20 Saja Buat 80


Saat ini banyak sebagian besar dari kita melakukan usaha yang keras namun hasilnya biasa-biasa saja.  Istilahnya kerja 80% hasilnya cuma 20%.  Sehingga kadang kita merasa jenuh dan letih melakukan apa yang sedang berjalan saat ini.  Saat ini marak sekali kondisi dimana semua orang menginginkan menjadi seorang pengusaha dengan alasan agar bebas waktu dan bebas finansial.
Untuk mencapai itu semua biasanya kita mengenal cara kerja yang mengerahkan 20% usaha namun hasilnya 80%.  Prinsip ini dikenal sebagai Prinsip Pareto (The Pareto principle) (juga dikenal sebagai aturan 80-20) menyatakan bahwa untuk banyak kejadian, sekitar 80% daripada efeknya disebabkan oleh 20% dari penyebabnya.  Prinsip ini diajukkan oleh pemikir manajemen bisnis Joseph M. Juran, yang menamakannya berdasarkan ekonom Italia Vilfredo Pareto (15 July 1848 – 19 August 1923), yang pada 1906 mengamati bahwa 80% dari pendapatan di Italia dimiliki oleh 20% dari jumlah populasi.

Dalam implementasinya, prisip 80/20 ini dapat diterapkan untuk hampir semua hal:
·        80% dari keluhan pelanggan muncul dari 20% dari produk atau jasa.
·        80% dari keterlambatan jadwal timbul dari 20% dari kemungkinan penyebab penundaan.
·        20% dari produk atau jasa mencapai 80% dari keuntungan.
·        20% dari tenaga penjualan memproduksi 80% dari pendapatan perusahaan.
·        20% dari cacat sistem menyebabkan 80% masalah.

     Nah belajar dari prinsip pareto, maka untuk mencapai hasil yang maksimal maka kita perlu melakukan uji ukur.  Contoh bagaimana kita bekerja selama 2 jam namun menghasilkan pendapatan yang sama jika kita bekerja selama 8jam.  Atau jika kita melakukan promosi sebesar 1juta dapat menghasilkan keuntungan sebesar 4juta, dsb.

Bekerjalah tidak hanya keras, tetapi juga cerdas, dan ikhlas, sampai tuntas.
Lebih detailnya silahkan kirim email ke Helloiyu@gmail.com

follow me @iyuARK9

1 komentar: