Rabu, 05 Desember 2012

FOKUS tidak selalu harus 1

Selama ini kita mengenal bahwa yang namanya fokus adalah bagaimana kita berkonsentrasi hanya pada satu hal saja.  Saya tidak berkata bahwa ini salah, namun ternyata ada bagian-bagian penting yang hilang dari sebuah pengertian fokus.  Belum lama ini secara ilmiah saya baru mengetahui bahwa ternyata fokus adalah masalah alokasi.  Seberapa banyak alokasi yang kita bagi dari sebuah prioritas, sedangkan prioritas itu sendiri belum tentu hanya satu hal saja.

Contohnya saja misalkan dalam kehidupan sehari-hari, prioritas bisa disusun seperti ini:
Prioritas 1 : Istri, anak, orangtua, pekerjaan atau usaha, pendidikan
Prioritas 2 : Jabatan, karir, membesarkan usaha, 
Prioritas 3 : Liburan, sosialisasi, istirahat

Nah bisa kita liat, prioritas tidak hanya satu saja dalam setiap tingkatan, yang akan membedakan nanti adalah masalah alokasinya saja.  misalkan untuk keluarga kita alokasikan sehari 10 jam, untuk usaha 3 jam, dan pendidikan 3 jam.  ini artinya fokus kita berada pada 3 hal bukan 1 hal, namun alokasi nanti akan membedakan jumlah waktu yang kita korbankan.  
Jadi selama hal yang kalian anggap harus fokus saling berkaitan dan berada pada top priority makakita bisa fokus pada beberapa hal.  Jika ada yang bilang fokus hanya pada satu hal, juga tidak bisa disalahkan, karena mengartikannya sebagai fokus dalam artian pandangan.  Namun secara ilmiah fokus adalah seperti yang sudah saya jelaskan.  Pertanyaan yang akan timbul adalah apakah benar bisa fokus lebih dari satu hal saja? jawabannya berdasarkan pengalaman saya adalah BISA.

Satu hal yang perlu diingat apapun fokus kita, apapun prioritas utama kita, tetaplah menjadikan Tuhan sebagai hig top prority dengan alokasi yang full.  
Kalau begitu kita tidak melakukan apa-apa donk? SALAH
karena alokasi dan prioritas kepada Tuhan diwujudkan tidak hanya sebagai tindakan, namun diawali niat dan keyakinan, jika dimulai seperti itu maka apapun yang kita lakukan maka Tuhan menjadi yang UTAMA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar